kita hanya bisa merencanakan ALLAH yang menetukan

M. Kuliah       : Analisis Kebijakan

 

(Pendahuluan)

Konfilik antar suku

Corak majemuk yang ada pada masyarakat di Indonesia membawa konsekuensi tersendiri dalam kehidupan sosial antar suku bangsa yang ada didalamnya. Beraneka ragam corak budaya yang dimiliki di Indonesia terjalin dalam sruktur interaksi yang merupakan perwujudan dari hubungan antar suku bangsa tersebut.suku bangsa dengan suku bangsa lainya dan merupakan pembeda satu kebudayaan suku bangsa.

Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya. Dengan dibawasertanya ciri-ciri individual dalam interaksi sosial, konflik merupakan situasi yang wajar dalam setiap masyarakat dan tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri.

Hubungan antara masyarakat pendatang (transmigran/suku pendatang)  dengan masyarakat setempat (penduduk asli/suku asli) terpusat pada masalah kompetisi untuk memperebutkan sumber-sumber  daya, dan tingkat agretivitas secara ekonomi dari pendatang adalah masalah yang paling kritikal dalam persaingan sumber daya. Karena masyarakat setempat melihat diri mereka sebagai tuan rumah dan para pendatang sebagai tamunya,. Yang tak luput  adalah masalah harga diri atau kehormatan mereka.  Konflik-konflik itu terjadi, karena adanya pengaktifan jatidiri etnik untuk solidaritas memperebutkan sumber daya-sumber  yang ada dan harga diri sebagai kekuatan sosial yang besar untuk mendorong mereka melakukan hal tersebut.


Tinggalkan komentar